Ganti Rugi Lapindo Mulai Maret Tahun Ini

14 Mar 2013

9a3fddc404751f1f775459c8c1461564_lapindo

Isu lumpur Lapindo memang masih menjadi perhatian publik. Bagaimana tidak, masalah ganti rugi kepada para korban belum juga selesai. Banyak yang melakukan protes, seperti membuat gubuk di sekitar daerah lumpur bahkan ada pula yang sampai membuat makam Aburizal Bakrie (ARB).

Lalu bagaimana dengan ARB sendiri menanggapi berbagai tuntutan ganti rugi ini? Melalui beberapa media, ia mengungkapkan bahwa hal tersebut akan diselesaikan pada tahun ini. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Andi Darusalam Tabusala, Direktur Utama Minarak Lapindo Jaya, bahwa pembayaran diharapkan selesai pada bulan Mei. Menurutnya pihak Minarak masih memiliki kewajiban membayar ganti rugi 3.348 berkas senilai Rp 786 miliar. Selama enam tahun berlalu, Lapindo telah melunasi sekitar 9.000 berkas dari total kewajiban 13.237 berkas.

Dengan tegas, Andi juga menegaskan bahwa tidak tepat apabila kita menyebutnya sebagai ganti-rugi. Hal ini berdasarkan hukum yang telah memutuskan bahwa pihak Lapindo tidak bersalah. Oleh karenanya ganti rugi itu sendiri sebenarnya lebih kepada jual-beli aset tanah dan bangunan warga.

Lalu apa yang menyebabkan Bakrie tidak melanjutkan proses jual-beli tersebut dalam waktu yang lalu? Diakui oleh Andi, bahwa itu semua tersendat karena keluarga Bakrie sedang mengalami kesulitan likuiditas. Hal inilah yang menyebabkan prosesnya terhenti untuk sementara.

Minarak Lapindo sendiri menunggak pembayaran jual-beli lahan warga dalam peta area terdampak sebesar Rp 154 miliar selama dua bulan terakhir. Jumlah tersebut merupakan bagian dari Rp 786 miliar, atau total pembayaran dari 3.348 berkas masyarakat yang menjadi kewajiban dari Minarak. Sedangkan untuk tanah warga yang berada pada di luar peta area terdampak, pemerintah akan menyelesaikan jual-belinya dengan mengalokasikan dana sebesar Rp 2,15 triliun. Ini juga ditargetkan selesai pada tahun ini.

Dengan adanya pernyataan dari ARB dan pihak Minarak di atas, sepertinya telah memberikan jawaban bagi penyelesaian masalah Lapindo selama ini. Semoga semuanya berjalan lancar. Para korban pun merasa terpenuhi haknya. Dan yang pasti jangan ada lagi politisasi atas masalah ini.

Sumber:

Detik.com - Lapindo Janji Lunasi Ganti Rugi Tanah Korban Lumpur Akhir Maret 2013

Tempo.co - Akhir Maret Lapindo Lunasi Ganti Rugi Warga


TAGS lapindo bakrie minarak


-

Author

Follow Me


Categories

Archive